oleh

Oblak dan Tak Stabil, Deteksi Setang Motor Matik dari sekarang

Persemija.com Bagiannya terdiri dari mangkuk dan bola-bola besi, yang terpasang di sumbu antara segitiga garpu depan dan rangka motor. Tugasnya menstabilkan handling setang, saat melintasi jalan bergelombang dan berbelok ke kanan atau ke kiri.Komstir atau steering head merupakan komponen pada setang sepeda motor, termasuk matik, yang tak hanya memengaruhi aspek kenyamanan tapi juga keselamatan saat berkendara. Jika terjadi kerusakan pada mangkuk dan bola-bola besi yang aus, maka akan membahayakan pengendaranya.

Dikutip dari SITUS KUMPARAN Menurut Susanto, Kepala Bengkel AHASS Honda Beji, Depok, kerusakan komstir kerap disebabkan perilaku berkendara yang kasar saat menerabas jalan berlubang atau polisi tidur.

Bagiannya terdiri dari mangkuk dan bola-bola besi, yang terpasang di sumbu antara segitiga garpu depan dan rangka motor. Tugasnya menstabilkan handling setang, saat melintasi jalan bergelombang dan berbelok ke kanan atau ke kiri.
 
Jika terjadi kerusakan pada mangkuk dan bola-bola besi yang aus, maka akan membahayakan pengendaranya. Menurut Susanto, Kepala Bengkel AHASS Honda Beji, Depok, kerusakan komstir kerap disebabkan perilaku berkendara yang kasar saat menerabas jalan berlubang atau polisi tidur.

CABANG PERSEMIJA PALMERAH

  1. Jl. Palmerah Barat 2 no 26 (d/h Kemanggisan Grogol ) Jakarta Barat Telp. 5363534 / 53653953
  2. Jl Salam Raya No. 2 ( Rawa Belong ) Kebon Jeruk Jakarta Barat Tel. 5307517
  3. Jl. Tanjung Duren Barat VI No. 2 ( Perempatan Cemara ) Jakarta Barat Telp. 5685918
  4. Jl. Panjang ( Arteri Kelapa Dua ) No. 47  Kebon Jeruk Jakarta Barat Telp. 5322283
  5. Jl. Lapangan Bola No. 4 Kebon Jeruk Jakarta Barat Telp. 5322289
  6. Jl. Raya Puri Kembangan No. 85 ( Seberang Apel Shop ) Jakarta Barat Telp. 58357527
  7. Jl. Meruya ilir  No. 67 Meruya Utara Jakarta Barat Telp. 085695010831
  8. Jl. Kemanggisan Utama Raya No. 11 karta Barat Telp. 5320247
  9. Jl. Raya Kebayoran Lama No. 46A ( Depan Dealer Honda PH ) Jakarta Barat Telp. 53660571
  10. Jl. Arimbi Raya No. 53 ( Kompi Persada Sayang ) Rawabuaya Jakarta Barat Telp. 58356923
  11. Jl. Duri Kosambi Raya No. 19A ( Samping Diklat Garuda ) Jakarta Barat Telp. 5441271
“Penyebab komstir aus itu biasanya karena ada polisi tidur dan jalanan ancur langsung libas aja. Jadi tegangan di setang lebih besar, belum lagi kalo suspensinya keras bermasalah juga,” kata Susanto saat ditemui kumparan beberapa waktu lalu.
Akibatnya, setang akan terasa goyang dan sulit digerakkan. Gejala lainnya saat komstir rusak yaitu saat mengerem mendadak atau melibas polisi tidur, setang akan berbunyi “tak tak” yang cukup mengganggu.
 
“Nah kalau bunyi itu biasanya karena komponen besi-besi bulat atau mangkuknya aus terus kendor, Jadi bunyi kalau ngerem atau melibas jalanan yang ngga rata,” ujarnya.
 
Untuk perbaikan, biasanya pihak bengkel akan mengecek kondisi komstir dan menyetel sehingga mangkuk dan bola-bola besinya tepat pada posisinya. Selain itu, pemberikan pelumas juga diperlukan agar gesekan mangkuk dan bola besi lebih halus saat setang digerakkan.
 
“Kalau pelumasnya kering kan jadi besi sama besi gesekan, lama-lama bola besinya aus, bisa jadi pelurunya yang habis atau rumahnya (mangkuk),” jelasnya.
 
Sementara untuk penggantian komponen komstir sendiri dilakukan satu set sekaligus. Khusus untuk motor matik, harga komstir berkisar Rp 93 ribu, sementara pelumasnya dibanderol Rp 12 ribu.
 
“Itu belum termasuk biaya jasa pemasangan sekitar Rp 45 ribu,” pungkasnya.
banner 400x130

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar

News Feed