Scroll untuk baca artikel
Example 300x600
Example floating
Example floating
Persemija.com
Beritaheadlinekursus mengemudikursus mobilSekolah Mengemudisekolah stir mobil

Waktu Ideal untuk Ganti Ban Mobil

Avatar photo
120
×

Waktu Ideal untuk Ganti Ban Mobil

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

PERSEMIJA – SEKOLAH STIR MOBIL . Mengendarai mobil dengan ban yang sudah tidak prima sangatlah berbahaya. Untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan penumpang, sangat penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi umur ban mobil dan mengetahui kapan saatnya ban tersebut perlu diganti.

Ban merupakan komponen penting pada kendaraan bermotor untuk meredam dan menstabilkan laju. Jika bermasalah, bisa berisiko terjadi kecelakaan. Masalah ini biasanya timbul akibat usia ban yang melebihi batas.

Example 300x600

Dilansir dari otomotif.okezone.com Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengatakan, seluruh ban memiliki masa pakai. Meski ulir ban masih tebal, tapi jika usia pakai sudah lewat maka dapat menimbulkan risiko besar.

“Untuk umur pakai ban itu yang paling baik adalah empat sampai lima tahun dari masa produksi ban yang ditandai dengan empat angka. Dua digit pertama adalah pekan ban tersebut diproduksi, sedangkan dua digit di belakangnya tahun produksi,” kata Jusri saat dihubungi MNC Portal.

Dear our lovely customer....

Silahkan isi Formulir Pemesanan di bawah ini. Sesuaikan pilihan Paket dan harganya

Segera hubungi costumer service kami melalui via whatsapp setelah anda mengisi formulir pendaftaran untuk kesesuaian Pemesanan dan waktu jam belajar mengemudi yang akan diterapkan.

Notes: Pembelajaran di mulai H+1 setelah pembayaran atau pemesanan H-1 bayar di tempat cabang pemesanan, Kami tidak melayani Pembayaran Via Transfer, Sebaiknya segera langsung datang ke kantor cabang pemesanan untuk menjaga kesesuaian waktu jam belajar dan menghindari kesalahan pendaftaran.

Harga belum temasuk Tips Guru pengajar dan Kami hanya melayani Cabang Cabang kami di Jakarta Barat

– Rekomendasi Usia Ban

Umumnya, setiap produsen ban memberikan rekomendasi usia ban yang ideal untuk diganti, yaitu sekitar 3 hingga 5 tahun. Namun, angka tersebut hanya merupakan patokan dasar. Faktor lain seperti intensitas penggunaan dan kondisi ban tetap perlu dipertimbangkan.

– Tanda-tanda Ban Harus Diganti

Ada beberapa tanda visual yang dapat membantu Anda menentukan kapan ban perlu diganti. Perhatikan apakah adanya keretakan pada permukaan ban, terutama di bagian samping atau dekat dengan alur ban.

Selain itu, periksa apakah terdapat benjolan pada permukaan ban yang biasanya disebabkan seringnya tertusuk benda tajam. Terpenting, periksa kedalaman alur telapak ban. Ban harus diganti apabila kedalaman alur telapak ban sudah mendekati atau melebihi batas keausan yang ditetapkan (biasanya sekitar 1/16 inci atau 1.6 mm).

– Perawatan Ban Rutin

Untuk memaksimalkan umur pakai ban mobil, perawatan ban rutin sangat penting. Lakukan rotasi ban secara berkala untuk menjaga keausan ban lebih merata. Selain itu, pastikan melakukan balancing ban untuk menghindari getaran pada kemudi saat mobil melaju kencang

Editor: PERSEMIJA - Sekolah Stir Mobil
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *