oleh

Waspada Praktik Curang Bengkel Motor

Persemija.com Menjamurnya sejumlah bengkel di berbagai wilayah. perlu diketahui bahwa tidak semua bengkel tersebut merupakan bengkel resmi atau rekanan dari pabrikan.

Banyak bengkel justru tidak resmi. Bahkan, dari sekian banyak bengkel umum, ternyata masih saja ada bengkel yang kerap berbuat curang. Hal tersebut tentunya membuat pemilik motor harus lebih waspada, agar tidak tertipu oleh para montir nakal. Seperti dilansir dari Honda Wahana, ada ciri-ciri bengkel motor yang nakal biasanya: 

banner 400x130banner 400x130

Meminta untuk meninggalkan motor di bengkel

Apabila tidak ada kerusakan besar yang memaksa motor harus menginap di bengkel, sebaiknya pemilik motor tidak meninggalkannya di sana, meski oknum montir di bengkel motor meminta untuk meninggalkan motor. Dengan tetap menjaga motor selama servis berlangsung, pemilik motor pun bisa mengawasi montir yang sedang menangani motor Jadi, risiko “kenakalan” oknum montir pun bisa diminimalisir.

Tidak menunjukkan kerusakan pada sparepart yang lama

Dalam standard operating procedure (SOP) yang benar, montir harus meminta persetujuan pemilik motor, sebelum mengganti suku cadang apapun. Kalau pemilik motor terlambat menyadari adanya penggantian suku cadang, segera minta penjelasan tentang kerusakan sparepart yang lama dari montir.

Menawarkan suku cadang dengan harga yang tidak wajar

Harga sparepart yang kelewat murah memang menjadi godaan tersendiri. Namun kalau nasib motor kesayangan yang malah jadi taruhannya, sebaiknya pemilik motor pikir seribu kali. Jangan sampai ada masalah pada motor di kemudian hari akibat suku cadang yang direkomendasikan montir “nakal” di bengkel motor. 

Selain itu, biasanya montir membeli sparepart ke bengkel lain jika di bengkelnya tidak menyediakan atau stoknya habis, sebisa mungkin pemilik motor meminta struk pembelian dari montir setelah melakukan pembelian sparepart dari bengkel lain.

CABANG PERSEMIJA PALMERAH

  1. Jl. Palmerah Barat 2 no 26 (d/h Kemanggisan Grogol ) Jakarta Barat Telp. 5363534 / 53653953
  2. Jl Salam Raya No. 2 ( Rawa Belong ) Kebon Jeruk Jakarta Barat Tel. 5307517
  3. Jl. Tanjung Duren Barat VI No. 2 ( Perempatan Cemara ) Jakarta Barat Telp. 5685918
  4. Jl. Panjang ( Arteri Kelapa Dua ) No. 47  Kebon Jeruk Jakarta Barat Telp. 5322283
  5. Jl. Lapangan Bola No. 4 Kebon Jeruk Jakarta Barat Telp. 5322289
  6. Jl. Raya Puri Kembangan No. 85 ( Seberang Apel Shop ) Jakarta Barat Telp. 58357527
  7. Jl. Meruya ilir  No. 67 Meruya Utara Jakarta Barat Telp. 085695010831
  8. Jl. Kemanggisan Utama Raya No. 11 karta Barat Telp. 5320247
  9. Jl. Raya Kebayoran Lama No. 46A ( Depan Dealer Honda PH ) Jakarta Barat Telp. 53660571
  10. Jl. Arimbi Raya No. 53 ( Kompi Persada Sayang ) Rawabuaya Jakarta Barat Telp. 58356923
  11. Jl. Duri Kosambi Raya No. 19A ( Samping Diklat Garuda ) Jakarta Barat Telp. 5441271

Menawarkan suku cadang dari merek yang tidak pernah didengar

Modus lain yang dijalankan montir “nakal” adalah dengan menawarkan suku cadang motor dari merek yang entah dari mana asalnya. Sebisa mungkin pemilik motor tolak tawaran ini. Sebaiknya pemilik motor memakai suku cadang dengan merek yang sudah terkenal akan kualitasnya.

Tidak memberikan penjelasan detail mengenai kondisi motor

Montir yang baik akan menjelaskan tentang kondisi motormu, dan merekomendasikan perawatan maupun penggantian suku cadang yang memang diperlukan. Pemilik motor juga diharapkan aktif bertanya tentang kondisi motor kesayangannya. 

Meminta banyak penggantian suku cadang

Montir “nakal” biasanya akan meminta banyak penggantian suku cadang ketika pemilik motor membawa motor ke bengkelnya untuk servis berkala. Terkadang oknum montir ini tak jarang “menjual ketakutan” agar pelanggan setuju untuk mengganti suku cadang, yang sebenarnya masih dalam kondisi baik. 

banner 400x130

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 komentar

News Feed