oleh

Motor Mogok ketika hadapi banjir, begini cara menyalakannya.

Persemija.com Penyebab mogok karena air ada macam-macam, bila kategori ringan masih bisa diupayakan menyala kembali namun jika sudah berat lebih baik dievakuasi dengan cara lain.Mesin sepeda motor bisa mati mendadak alias mogok sewaktu-waktu saat menerjang hujan dan banjir.

Jika motor mendadak mati hal pertama yang mesti dipahami yakni jangan panik sebab sulit menganalisa kondisi motor dalam keadaan seperti itu. Setelah menyadari mogok, usahakan memindahkan motor ke tempat aman dan kering agar tidak mengganggu pengguna jalan lain.

banner 400x130banner 400x130

Berikut di kutip dari situs  CNN INDONESIA  Menurut situs dealer utama Honda, Wahana Makmur Sejati, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan bikers bila motor tiba-tiba mogok karena hujan atau banjir. Berikut ulasannya.

Cek Busi dan Keringkan

Analisa pertama motor mogok yaitu masalah pada busi yang merupakan komponen untuk membakar bensin di ruang bakar. Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu membuka busi menggunakan kunci busi kemudian keringkan.

Sebelum memasang busi kembali, keringkan ruang busi dengan menginjak kick starter berkali-kali. Setelah itu pasang busi lantas coba nyalakan mesin menggunakan kick starter.

Cek Saringan Udara

Saringan udara merupakan saluran yang memungkinkan menjadi jalur masuk air ke ruang pembakaran, sebab itu komponen ini wajib kering. Bila komponen ini terlihat basah atau sempat terendam, ada baiknya jangan menyalakan mesin sebab kemungkinan air akan terhisap ke ruang pembakaran dan merusak mesin hingga berujung water hammer.

Air merupakan barang terlarang di dalam mesin. Air juga bisa tercampur dengan oli dan merusak kualitasnya. Jika dalam kondisi ini motor dipaksakan menyala hanya akan menambah kerusakannya.

CABANG PERSEMIJA PALMERAH

  1. Jl. Palmerah Barat 2 no 26 (d/h Kemanggisan Grogol ) Jakarta Barat Telp. 5363534 / 53653953
  2. Jl Salam Raya No. 2 ( Rawa Belong ) Kebon Jeruk Jakarta Barat Tel. 5307517
  3. Jl. Tanjung Duren Barat VI No. 2 ( Perempatan Cemara ) Jakarta Barat Telp. 5685918
  4. Jl. Panjang ( Arteri Kelapa Dua ) No. 47  Kebon Jeruk Jakarta Barat Telp. 5322283
  5. Jl. Lapangan Bola No. 4 Kebon Jeruk Jakarta Barat Telp. 5322289
  6. Jl. Raya Puri Kembangan No. 85 ( Seberang Apel Shop ) Jakarta Barat Telp. 58357527
  7. Jl. Meruya ilir  No. 67 Meruya Utara Jakarta Barat Telp. 085695010831
  8. Jl. Kemanggisan Utama Raya No. 11 karta Barat Telp. 5320247
  9. Jl. Raya Kebayoran Lama No. 46A ( Depan Dealer Honda PH ) Jakarta Barat Telp. 53660571
  10. Jl. Arimbi Raya No. 53 ( Kompi Persada Sayang ) Rawabuaya Jakarta Barat Telp. 58356923
  11. Jl. Duri Kosambi Raya No. 19A ( Samping Diklat Garuda ) Jakarta Barat Telp. 5441271

Knalpot

Saluran pembuangan gas sisa pembakaran atau knalpot juga wajib steril dari air. Air bisa masuk knalpot bila mesin dalam keadaan idle alias pedal gas tidak dibuka, jika sudah begitu ada kemungkinan motor mogok.

Air dari knalpot berisiko kecil merusak mesin sebab kemungkinannya air bakal tertampung di pipa atau catalitic converter knalpot. Meski begitu kondisi ini bisa bikin sulit menyalakan mesin.

Kick Starter 

Bila penyebabnya sudah ketemu dan kadarnya ringan, motor kemungkinan bisa dinyalakan. Namun sebelum itu ada anjuran mesin dipanaskan lebih dulu.

Caranya, gunakan kick starter saat kontak dalam posisi off. Gunakan kick starter beberapa kali kemudian nyalakan kontak motor. Dikatakan setelah dipicu kick starter beberapa kali, maka mesin bisa menyala.

Tunggu Suhu Optimal 

Walau mesin sudah nyala jangan terburu-buru berkendara. Tunggu beberapa menit untuk memastikan mesin berada pada suhu optimal untuk dikendarai. Salah satu trik mengetahui suhu optimal yakni putaran mesin stabil alias tidak naik-turun.

 

banner 400x130

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed