Scroll untuk baca artikel
Example 300x600
Example floating
Example floating
Persemija.com
Agen kursus mobilBeritaheadlinekursus mengemudikursus mobilOtomoitifSekolah Mengemudisekolah stir mobil

Ini Cara Kerja Turbocharger yang Bikin Tenaga Makin Nendang

Avatar photo
128
×

Ini Cara Kerja Turbocharger yang Bikin Tenaga Makin Nendang

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Sekolah Stir Mobil – Persemija.   Dengan menggunkan turbo, mesin mobil dengan kubrikasi kecil pun bisa mendapatkan tenaga lebih gede tanpa harus oprek mesin itu sendiri. Tenaga tambahan tersebut didapat dari induksi udara tambahan.(6/12/2023).

“Komponen turbo memiliki bentuk seperti keong yang diposisikan terhubung antara intake udara dan exhaust manifold mesin,” beber Tri Yuswidjajanto Zaenuri, Ahli Motor Bakar Institut Teknologi Bandung (ITB) dikutip dari GridOto.

Example 300x600

Keong turbo sendiri memiliki dua konstruksi utama.

Yakni kompresor yang terletak pada intake udara dan turbin yang berada di exhaust manifold. Saat mesin menyala ada tekanan gas buang yang dihasilkan exhaust manifold. Ketika digas putaran mesin meningkat, tekanan gas buang yang dihasilkan jadi lebih tinggi. “Tekanan gas buang tersebut akan memutar turbin yang bersamaan juga akan memutar kompresor,” ujar Tri.

Yang masih Gaptek Mengemud MOBIL yuk kita belajar mengemudi mobil di Sekolah Stir Mobil – Persemija.  silahkan mengisi formulir dibawah ini ya :

Dear our lovely customer....

Silahkan isi Formulir Pemesanan di bawah ini. Sesuaikan pilihan Paket dan harganya

Segera hubungi costumer service kami melalui via whatsapp setelah anda mengisi formulir pendaftaran untuk kesesuaian Pemesanan dan waktu jam belajar mengemudi yang akan diterapkan.

Notes: Pembelajaran di mulai H+1 setelah pembayaran atau pemesanan H-1 bayar di tempat cabang pemesanan, Kami tidak melayani Pembayaran Via Transfer, Sebaiknya segera langsung datang ke kantor cabang pemesanan untuk menjaga kesesuaian waktu jam belajar dan menghindari kesalahan pendaftaran.

Harga belum temasuk Tips Guru pengajar dan Kami hanya melayani Cabang Cabang kami di Jakarta Barat

“Disinilah terjadi proses spooling dimana kompresor yang berputar mengisap udara lebih banyak dari intake ke dalam ruang bakar,” terangnya. Isapan udara dari kompresor memiliki tekanan (boost) dengan suhu panas yang didinginkan lewat intercooler.

Usai temperatur tekanan udara boost menurun dari intercooler kemudian masuk ke dalam ruang bakar sebagai udara tambahan untuk memadatkan kompresi ruang bakar mesin. “Kepadatan udara ini yang digunakan sebagai induksi tambahan untuk meningkatkan energi pembakaran,” sebut Tri.

turbo rata-rata sudah kompatibel dengan standarisasi oli API SN plus atau API SP dan penggantiannya harus teratur,” tegas Tjahja Tandjung, pemilik gerai oli mesin TODA, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Menurutnya mesin turbo punya temperatur yang lebih tinggi dari mesin pembakaran biasa. Dimana ada kerja mesin disamping turbo selama proses spooling menghasilkan panas tinggi. “Selain pelumasan oli mesin juga harus bisa sebagai pengontrol temperatur,” ujar Tjahja. “Yang dialiri oli mesin tidak hanya komponen mesin tapi juga komponen turbo, sehingga perlu menjaga kualitas oli dengan penggantian secara rutin,” jelasnya.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *