oleh

Teknik Memegang Kemudi yang Benar

Persemija.com Tak banyak yang paham benar akan pentingnya teknik olah kemudi yang benar dalam berkendara. Meski terkesan sepele, namun teknik ini bisa jadi faktor penting untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Bahkan saat terjadi kecelakaan, jika teknik olah kemudinya benar, minimal bisa meminimalisir risiko.

Selain itu, memutar kemudi ketika berbelok juga tidak bisa sembarang. Rifat juga membeberkan teknik ketika berbelok dinamakan hand over dan pull and push.

banner 400x130banner 400x130

Dilansir dari MedCom pembalap serta instruktur safety driving, Rifat Sungkar Menuturkan “Kemudi harus selalu kita pegang. Jangan pernah terlepas dari tangan karena bisa berbahaya,” 
 
Menurut Rifat, posisi paling aman untuk memegang kemudi adalah di posisi jam 9 dan jam 3. Jika terjadi kecelakaan, posisi tangan tidak akan menggangu airbag mengembang. Sehingga kantong udara bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Pull and Push (Tarik dan Dorong)
Posisi tangan memegang kemudi di arah jarum jam 3 dan jam 9. Posisi jempol tidak perlu mencengkeram lingkar kemudi. Tentu cukup beralasan, yaitu jempol pengendara bisa cedera jika mengenai ruas-ruas setir yang di bagian tengah, jika terjadi kecelakaan. Selain itu, kalau jempolnya di dalam seperti mencengkeram setir, bisa-bisa tangan kamu patah saat airbag meledak.
 
Saat ingin berbelok, letakkan tangan yang berada di arah belok di posisi jam 12. Kalau mau belok kanan artinya tangan kanan yang ada di posisi tersebut. Lantas tangan tersebut digerakkan ke arah belok dengan gerakan seperti menarik. Sesuaikan sudut putar dan tenaga dengan arah berbelok mobil.

Tangan satunya lagi membantu dengan diletakkan di posisi jam 6. Bantu mendorong ke arah belok dengan sudut putar dan tenaga mengikuti gerakan tangan satunya. Itulah mengapa teknik memutar setir ini sering disebut sebagai tarik dan dorong. Umum dipakai saat manuver ringan seperti berbelok di perempatan jalan.
 
Sementara untuk pergerakan kemudi ringan seperti pindah jalur atau belok di jalan menikung, selama tidak butuh banyak putaran setir, tangan masih tetap di posisi jam 9 dan jam 3.

CABANG PERSEMIJA PALMERAH

  1. Jl. Palmerah Barat 2 no 26 (d/h Kemanggisan Grogol ) Jakarta Barat Telp. 5363534 / 53653953
  2. Jl Salam Raya No. 2 ( Rawa Belong ) Kebon Jeruk Jakarta Barat Tel. 5307517
  3. Jl. Tanjung Duren Barat VI No. 2 ( Perempatan Cemara ) Jakarta Barat Telp. 5685918
  4. Jl. Panjang ( Arteri Kelapa Dua ) No. 47  Kebon Jeruk Jakarta Barat Telp. 5322283
  5. Jl. Lapangan Bola No. 4 Kebon Jeruk Jakarta Barat Telp. 5322289
  6. Jl. Raya Puri Kembangan No. 85 ( Seberang Apel Shop ) Jakarta Barat Telp. 58357527
  7. Jl. Meruya ilir  No. 67 Meruya Utara Jakarta Barat Telp. 085695010831
  8. Jl. Kemanggisan Utama Raya No. 11 karta Barat Telp. 5320247
  9. Jl. Raya Kebayoran Lama No. 46A ( Depan Dealer Honda PH ) Jakarta Barat Telp. 53660571
  10. Jl. Arimbi Raya No. 53 ( Kompi Persada Sayang ) Rawabuaya Jakarta Barat Telp. 58356923
  11. Jl. Duri Kosambi Raya No. 19A ( Samping Diklat Garuda ) Jakarta Barat Telp. 5441271

Hand Over Hand
Teknik ini cocok untuk manuver yang butuh radius putar luas sekaligus. Biasa dipakai saat balik arah di U turn atau parkir seri. Ambil contoh saat ingin berbalik arah, posisikan tangan kanan di arah jam 10 dan tangan kiri di arah jam 4 secara bersamaan.
 
Selanjutnya putar secara bersamaan kedua tangan ke arah belok mobil. Karena jangkauan tangan yang luas, kamu bisa memutar setir sekaligus untuk mendapatkan sudut belok yang besar. Bahkan kadang kala cukup dengan sekali putar, mobil sudah mendapatkan sudut belok yang diinginkan. Kamu tinggal menahan setir agar tidak berbalik arah sebelum waktunya.

Kalaupun belum cukup, kamu bisa mengembalikan tangan ke arah awal. Namun jangan sekaligus karena harus ada tangan yang menahan setir. Tetap ambil contoh saat balik arah ke kanan, pindahkan dulu tangan kiri kembali ke posisi jam 9 untuk menahan kemudi. Setelah itu, pindahkan tangan kanan ke posisi jam 10.
 
Sejenak tangan kanan sudah bisa menahan kemudi agar tetap berada di sudut yang diinginkan, segera pindahkan tangan kiri ke posisi jam 4. Lakukan kembali gerakan memutar dari awal. Sesuaikan sudut putar kemudi dengan sudut belok yang kamu inginkan.

banner 400x130

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar

News Feed